• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fekon@umsb.ac.id

UMSB Teken MoA dan MoU dengan Unand

[HUMAS-UMSB]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Teken MoA dan MoU dengan Unand, berlangsung di Ruang Rapat Auditorium Universitas Andalas pada Senin (23/9) yang dihadiri civitas dari masing-masing perguruan tinggi.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan tiga lainnya, Universitas Eka Sakti, Universitas Dharma Andalas dan Universitas Taman Siswa.

Penandatangan kerjasama ini adalah sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban ketika Universitas Andalas memenangkan hibah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) harus merangkul beberapa perguruan tinggi mitra yang berada di wilayah masing-masing.

Dr. Yulia Hendri Yeni, SE, MT, Ak Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Andalas (LP3M) mengatakan Hibah ini bernama SPADA yang diberikan oleh Kemenristekdikti dan ini yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Kementerian tetapi untuk tahun ketiga ini berbeda dengan yang pertama dan kedua.

“Dimana tahun pertama dan kedua sifatnya tidak terorganisir untuk satu perguruan tinggi boleh masing-masing dosen mengajukan tetapi untuk tahun ketiga ini kemenristekdikti meminta harus diajukan secara kolektif dari perguruan tinggi masing-masing,” jelasnya.

ia mensyukuri ada sembilan mata kuliah yang ikut terlibat dalam hibah SPADA ini yang dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu full daring artinya online penuh dimana pertemuan onlinenya diatas 75%, klasifikasi kedua yakni blended learning merupakan campuran face to face class dengan online class yang disyaratkan maksimal 75% online.

“Kemudian klasifikasi yang ketiga yaitu kuliah terbuka, dimana untuk kuliah terbuka ini tidak ada persyaratan berapa banyak pertemuan onlinenya,” terangnya.

Untuk blended learning disampaikannya ada tiga mata kuliah sedangkan terbuka ada empat mata kuliah dan totalnya ada sembilan mata kuliah.

Photo bersama peserta Kuliah Daring Akutansi Biaya PT Mitra 4 Kampus

Lebih lanjut, ia mengatakan ada enam Program Studi yang terlibat yakni manajemen, farmasi, peternakan, akuntansi, teknik elektro dan teknik mesin.

Disamping itu, ia juga mengungkapkan untuk yang full daring harus ada perguruan tinggi mitra yang terlibat, saat ini ada dua mata kuliah yang full daring yaitu managemen pemasaran dan akuntansi biaya.

Dr. Riki Saputra, MA Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengatakan ini adalah langkah awal untuk terus bisa bekerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi masing-masing.

“UMSB memiliki Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Manajemen dan Akutansi yang setiap tahunnya masih banyak diminati dan bahkan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa untuk kuliah di UMSB,” ungkapnya.

“Untuk itu, di Era 4.0 mau tidak mau kita dituntut untuk terus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi, ” pungkas Rektor Riki Saputra.

Ia juga mengungkapkan UMSB terus meningkatkan kerjasama tidak hanya dengan Universitas Andalas tetapi juga dengan perguruan tinggi lainnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Ekonomi UMSB Dr. Tri Irfa Indrayani, M.Pd. di ruang kerjanya bahwa merasa bangga dengan mahasiswa yang ada di Program studi Manajemen dan Akutansi.

“Meskipun online, dosen sebetulnya harus menyiapkan bahan yang sangat full/perfect jadi apapun sistem yang diterapkan dan dikembangkan oleh DIKTI baik daring atau apapun namanya sebagai dosen harus siap dengan materinya. Dilain pihak mahasiswa juga harus mengikuti ini sebagai proses evaluasi dan harus aktif dengan informasi-informasi yang ada sehingga nanti apa yang menjadi tujuan dari program ini tercapai,” ujarnya

“Saya berharap kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSB yang mengikuti mata kuliah daring ini, tetap semangat dan terus kalian kembangkan, jangan pernah berhenti. Ini dapat menjadi pengalaman yg baik. Tutup lembaran yang menurut kalian tidak baik. Jadikanlah semua sebuah pengalaman. Hari ini menanti anda untuk memberikan solusi dan dapat memberikan pengetahuan dan perbuatan yang dapat memecahkan masalah. Tolong jaga nama baik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Fakultas Ekonomi, Prodi akuntansi dan manajemen, dosen, orang tua dan harga diri kita dimanapun dan kapanpun,” tambahnya. (HUMAS-UMSB. 27/01/2020)

SHARE KE: