• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fekon@umsb.ac.id

Fakultas Ekonomi UMSB adakan Webinar dengan tema

[HUMAS-UMSB PADANG] Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) adakan Webinar dengan tema "Mempersiapkan Pemimpin Milineal Yang Tangguh Kreatif dan Inovatif" Kegiatan dilaksanakan via aplikasi zoom, berlangsung pada hari Rabu, 1 Juli 2020. Pukul 09.00 WIB

Adapun Narasumber dalam webinar tersebut yaitu Prof. Herri, MBA (Kepala LLDIKTI Wilayah X) dan Prakata Dr. H. Syofwan Karim Elhusein, MA (Ketua PWM Sumbar). Serta sambutan dari Dr. Riki Saputra, MA (Rektor UMSB) dan Dr. Tri Irfa Indrayani, M.Pd (Dosen Fakultas Ekonomi), juga di ikuti para Akademisi dan Tendik dari kampus lain, seperti Universitas Negeri Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Perdagangan, Universitas Bung Hatta dan perguruan tinggi luar Sumatera Barat dan luar Sumatera; Riau, Jambi dan Pulau Jawa. Serta Aktivis Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSB dan calon mahasiswa baru Fakultas Ekonomi yang di ikuti  kurang lebih 70 orang peserta.

Bapak Prof. Herri, MBA (Kepala LLDIKTI Wilayah X), dalam materinya menyampaikan,  Kepemimpinan itu adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang sekitar lingkungannya, agar bekerja sama sesuai dengan rencana demi tercapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Dalam kehidupan ini, kita membutuhkan orang lain, bagaimana caranya kita mempengaruhi agar orang tersebut mau diajak untuk saling bekerjasama, demi tercapainya tujuan yang sudah direncanakan dan telah ditetapkan sebelumnya ”.tuturnya.

Sambung Prof. Herri, ada tiga hal yang harus di miliki oleh seorang pemimpin, antaranya; Yang pertama; Seorang Pemimpin sukses itu karena memiliki sifat yang diturunkan orang tuanya seperti, Karakter, Kecerdasan dan Fisik. Yang kedua; Keberhasilan seorang pemimpin itu karena prilaku, sifat dan bagaimana cara orang tersebut mengarahkan dan dapat diterima oleh bawahannya. Yang Ketiga; Pemimpin sukses karena kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan kondisi, baik itu lingkungan organisasi dan karakter bawahan.

Dr. H. Syofwan Karim Elhusein, MA (Ketua PWM Sumbar) juga mengatakan kepada calon entrepreneur muda, mahasiswa dan calon mahasiswa baru, untuk tidak perlu memikirkan usaha yang rumit. Bisnis yang sederhana pun juga akan menjanjikan apabila kita telaten dan tau peluangnya. Beliau juga berpesan kepada partisipan webinar untuk menjadi pemuda yang efisien, unik, kreatif, inovatif dan konsisten dalam menciptakan peluang.

Sedangkan Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA, dalam sambutannya, beliau sangat mensuport dan apresisasi sekali dengan acara webinar ini, bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat terutama bagi mahasiswa. Menurut beliau, seorang mahasiswa tidak boleh hanya cerdas di bidang akademik tetapi juga cerdas berkomunikasi dengan baik dalam masyarakat, profesional, dan berkarakter. “Seringlah melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti ini. Kita harapkan akan lahir pemimpin Bangsa dan Agama dari kampus ini,” ujarnya.

Dr. Tri Irfa Indrayani, M.Pd (Dosen Fakultas Ekonomi) dalam sambutannya juga mengatakan "Mempersiapkan Pemimpin Milineal Yang Tangguh Kreatif dan Inovatif" menyinggung tentang urgensi dalam kepemimpinan yakni kepemimpinan dibutuhkan dalam upaya mencapai tujuan, pemecahan masalah, dan upaya pengembangan dan pembagunan bangsa. “Pemimpin yang baik harus memiliki integritas, tujuan yang jelas, visi, kemampuan komunikasi yang baik, percaya diri, motivasi yang tinggi,dan fokus,” pungkasnya.

Tri Irfa Indrayani juga mengatakan diakhir webinar tersebut bahwa tujuan seminar ini untuk menciptakan generasi kampus yang berjiwa pemimpin. “Dengan adanya seminar ini mudah-mudahan kita akan menjadi pemimpin khususnya mahasiswa/pemuda yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat,” ujarnya.