• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fekon@umsb.ac.id

UMSB "KEROYOK" DINAS KOPERINDAG AGAM MELALUI LIMA FAKULTAS

HUMAS UMSB-Senin, 25 Januari 2021. Lima dari dua belas Fakultas dibawah naungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menandatangani Nota Kesepakatan dengan Dinas Koperindag Kabupaten Agam. Penanda tanganan nota kesepakatan ini dilaksanakan pada Senin 25 Januari 2021 di Convention Hall Yunahar Ilyas kampus III Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penandatanganan nota kesepakatan ini dihadiri oleh Rektor & Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat beserta lima dekan yang akan melakukan penendatanganan. Sedangkan dari pihak lainnya yang hadir adalah Kepala Dinas Koperindagkop Fatimah, S.Sos., M.Si , Camat Sungai Pua Syafrizal, S.Sos, dan Wali Nagari Batu Palano Erman. Dimana lima fakultas tersebut memiliki porsi masing masing dalam bentuk program pengabdian masyarakat di nagari-nagari dan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Agam  

Ketua Lembaga Kerjasama  UMSB Ir. Surya Eka Priana, M.T., IPP pada laporannya menyebutkan lima Fakultas dibawah naungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat akan bersinergi dalam bidang produksi dan pengelolaan hasil pertanian, “kita akan laksanakan program pengabdian masyarakat melalui lima Fakultas yang mana diantaranya Fakultas Pertanian yang akan fokus bagaimana agar hasil pertanian bisa berlimpah, Fakultas Teknik yang nantinya akan membantu dibidang peralatan untuk mensupport pengolahan hasil pertanian hingga terkelola dengan baik dan kelayakan untuk dikonsumsi menjadi tugas dan tanggung jawabnya Fakultas Farmasi dan untuk seterusnya mengenai pemasaran akan dibantu oleh Fakultas Ekonomi. Setelah semua itu berjalan Fakultas Pariwisata juga memiliki peran yang juga tidak kalah penting yaitu bagaimana pertanian di Kabupaten Agam umumnya dan kelompok Basaba Mandiri Khususnya bisa menjadi destinasi wisata yang dapat di kunjungi wisatawan sehingga tidak hanya hasil pertanian yang di kelola menjadi ekonomi kreatif tetapi prosesnya pun bisa mendatangkan hasil bagi masyarakat di Kabupaten Agam”.

Camat Sungai Pua Syafrizal, S.Sos pada kesempatan ini menyebutkan permasalah bagi petani kita adalah disaat hasil berlimpah dan kita tau pada saat itu harga akan jatuh sehingga hasil penjualan untuk upah petani saja terkadang tidak tercukupi. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. Riki Saputra, M.A menyatakan sebetulnya kita sudah mencuri start positif. Seharusnya ada MoU terlebih dahulu antara Universitas muhammadiyah Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Agam, tetapi karna sangat bersemangat, dan ada niat yang baik kenapa tidak kita segera wujudkan, dan MoU antara Universitas dan Pemkab Agam akan segera di tandatangani.